Logo

VISI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL HIDAYAH

”Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Unggul di bidang imtaq dan iptek dan Bersyari’ah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, kematangan profesional, menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat pada tahun 2025”.

Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah

  • Berupaya mewujudkan kampus STAI Al-Hidayah yang unggul dan bersyari’ah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat;
  • Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan Islam yang bertekad kuat merealisasikan hukum Allah untuk kejayaan kaum muslimin;
  • Berpartisipasi di bidang pendidikan dan dakwah dengan mengikuti manhaj Ahlussunnah wal jama’ah sesuai dengan pemahaman ulama Salafusshalih;
  • Menghasilkan sarjana-sarjana Islam yang Kaffah serta komponen dan berakhlakul karimah;
  • Mendidik mahasiswa agar memiliki ilmu pengetahuan dan terampil di bidang keguruan, kependidikan, dakwah Islam, bidang syari’ah dan ushuluddin, berjiwa penuh pengabdian secara ikhlas serta tanggungjawab terhadap masa depan agama, bangsa dan negara dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan nilai-nilai syari’ah.

Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah

  • Mendidik mahasiswa agar memiliki ilmu pengetahuan dan terampil di bidang keguruan, kependidikan, dakwah, tsaqofah Islamiyah, memahami syari’ah serta pokok-pokok Dinul Islam (ushuluddin).
  • Menyelenggarakan proses belajar-mengajar berdasarkan kurikulum yang tersusun secara terintegrasi antara ilmu pengetahuan dan ajaran Islam.
  • Mengabdi secara ikhlas serta memiliki tanggungjawab terhadap masa depan agama, bangsa dan negara dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi dengan nilai-nilai syari’ah meraih ridha Allah SWT.
  • Berpartisipasi terhadap program pemerintah dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional di bidang pendidikan dan agama.
  • Membentuk sistem evaluasi dan pengembangan kurikulum yang berbasis kompetensi berintegritas dengan nilai-nilai Islam sesuai visi STAI Al-Hidayah, perkembangan masyarakat dan dunia kerja.
  • Menunjang tercapainya tujuan pendidikan, yakni; mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman, berilmu, bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, memiliki keterampilan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan dengan menjujunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam.
  • Menciptakan lulusan yang jujur, berkualitas, berdedikasi, berakhlak mulia, kreatif, inovatif dan bersyari’ah.